TUGAS 3 TUTON EKMA4500
atau bisa chat 081227048161
Rania
Nusa Raya Holding
Pada
tahun 2021, Rania mencoba untuk meraih pasar yang lebih luas dengan
mengeluarkan kosmetika baru merk Mezura dengan pasar sasaran yang berbeda dari
ketiga merk sebelumnya. Mezura memfokuskan produknya pada make up untuk remaja putri kalangan menengah mulai usia 15 tahun
sampai dengan 25 tahun. Produk Mezura meliputi lipstick, bedak, eye shadow, blush on, pensil alis, dan eye liner. Mezura hanya memfokuskan pada
make up wajah yang saat ini menjadi
kebutuhan remaja putri. Mezura menekankan pada harga yang terjangkau yang
sesuai dengan kantong para remaja kalangan menengah. Oleh karena itu,
pengembangan produk-produk Mezura mengikuti proses pengembangan merk-merk
sebelumnya dan sedikit melakukan riset pendahuluan untuk pengembangan produk
baru.
Saat
ini, produk Mezura masih berada pada tahap awal, dimana pertumbuhan penjualan
masih sangat sedikit. Pada awal peluncuran produk, pertumbuhan penjualan masih
sangat sedikit karena konsumen masih belum mengetahui akan adanya produk
Mezura. Oleh karena itu, perusahaan harus memberikan informasi yang luas kepada
calon konsumen mengenai keunggulan produk. Cara yang ditempuh perusahaan adalah
dengan melakukan periklanan yang gencar melalui berbagai media, seperti media
televisi, iklan pada aplikasi-aplikasi online, majalah atau koran online, dan
sosial media. Agar produk menarik minat calon konsumen, maka kemasan produk
dibuat dalam kemasan mini sehingga harga sangat terjangkau. Mezura juga
melakukan periklanan dan penjualan secara besar-besaran dengan bekerja sama
dengan beberapa retail ternama, seperti Alfamart, Indomaret, Watson, dan
Guardian. Hal ini dimaksudkan agar produk-produk Mezura semakin mendekati
konsumen sehingga penjualannya akan semakin meningkat.
Peluncuran
produk baru merupakan tantangan jangka panjang seiring dengan pertumbuhan
penjualan pada tahap-tahap daur hidup produk berikutnya. Oleh karena itu, untuk
mengantisipasi lonjakan permintaan di masa yang akan datang, perusahaan
mempertimbangkan untuk mendirikan satu pusat distribusi baru untuk memperluas
pasar di wilayah Indonesia Timur. Perusahaan memiliki dua alternatif lokasi
yaitu di kota A dan di kota B. Analisis pemilihan lokasi dilakukan dengan
mempertimbangkan faktor-faktor dominan di setiap lokasi. Faktor-faktor tersebut
dibagi menjadi faktor utama dan faktor pendukung. Faktor utama adalah harga
sewa, infrastruktur, dan upah minimum. Sedangkan faktor pendukung adalah pajak
daerah, keamanan, sumber daya, dan peraturan pemerintah daerah. Setiap faktor
utama diberi bobot yang lebih besar dibandingkan dengan faktor pendukung, yaitu
0,2 untuk setiap faktor; sedangkan faktor pendukung diberi bobot 0,1. Setelah
menetapkan bobot untuk setiap faktor, selanjutnya dilakukan penilaian terhadap
masing-masing lokasi dengan menentukan kondisi setiap faktor pada nilai “baik”,
“cukup”, dan “kurang”. Hasil penilaian “baik” diberi skor 100, “cukup” diberi
skor 80, dan “kurang” diberi skor 60. Setelah melakukan penilaian terhadap dua
calon lokasi tersebut, disimpulkan hasil penilaian setiap lokasi adalah sebagai
berikut.
Faktor
|
Kota A |
Kota B |
Harga
sewa |
Cukup |
Baik |
Infrastruktur |
Baik |
Baik |
Upah
minimum |
Baik |
Kurang |
Pajak
daerah |
Cukup |
Cukup |
Keamanan |
Baik |
Cukup |
Sumber
daya |
Cukup |
Kurang |
Peraturan
Pemerintah Daerah |
Baik |
Baik |
Untuk
mempersiapkan pusat distribusi yang baru, perusahaan perlu untuk menentukan
kebijakan terkait tenaga kerja yang akan direkrut. Pusat distribusi baru ini
berada di daerah atau kota yang jauh dari kantor pusat, sehingga perusahaan
memerlukan tenaga kerja-tenaga kerja lokal atau tenaga kerja sekitar pusat
distribusi untuk mendukung operasional perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan
akan mengumumkan rekrutmen melalui media lokal, seperti koran lokal, televisi
lokal, dan radio lokal. Jumlah tenaga kerja yang diperlukan akan disesuaikan
dengan perkiraan penjualan di wilayah tersebut. Untuk mempersiapkan sistem
pengupahan, perusahaan menetapkan bahwa akan diberlakukan sistem pengupahan
dengan mempertimbangkan tingkat upah pada jabatan-jabatan yang setara dengan
perusahaan-perusahaan lain yang sudah ada di sekitar lokasi. Hal ini dilakukan
agar tercipta rasa keadilan pengupahan bagi para pegawai sehingga mereka dapat
bekerja dengan lebih produktif.
Bidang lain yang perlu dipersiapkan adalah dalam bidang keuangan. Mengingat produk Rania adalah produk kosmetika yang memerlukan perlakuan tertentu, maka pusat distribusi baru tersebut akan dilengkapi dengan mesin pengatur ruangan yang akan bekerja secara otomatis mengatur suhu di dalam ruangan. Mesin tersebut harus diimpor dari China dengan harga mesin sebesar Rp200.000.000,00, taksiran umur ekonomis selama 5 tahun dan nilai sisa sebesar Rp50.000.000,00 pada tahun kelima berdasarkan perhitungan metode penyusutan garis lurus. Mesin ini diharapkan mampu memberikan laba setelah pajak sebesar Rp50.000.000,00 selama masa umur ekonomis mesin. Pihak manajemen harus menentukan apakah pembelian mesin tersebut menguntungkan atau tidak bagi perusahaan.
PERTANYAAN
Berdasarkan kasus tersebut, maka analisislah:
1. a. Strategi
yang ditempuh perusahaan dalam memilih pasar sasaran (target market) untuk
produk Mezura dan jelaskan alasan Saudara! b. Berada pada tahap daur hidup
produk apakah produk Mezura saat ini? Jelaskan jawaban Saudara! c. Strategi pemasaran apakah yang dilakukan Mezura pada tahap daur
hidup yang telah Anda pilih pada soal no. 1b. Jelaskan jawaban Saudara! |
3. Tentukan apakah mesin pengatur suhu tersebut sebaiknya dibeli atau tidak dengan menggunakan metode NPV dengan tingkat bunga yang relevan adalah 11% per tahun! Uraikan jawaban Saudara!
4. a) Jelaskan sumber karyawan yang akan direkrut serta metode rekrutmen/cara pengisian lowongan karyawan yang akan digunakan untuk mengisi posisi pada pusat distribusi baru!.
b) Jenis
keadilan pengupahan yang diterapkan perusahaan untuk tenaga kerja yang baru!.
Komentar
Posting Komentar