Analisis Kasus Bisnis - TT
atau jawabannya bisa chat 081227048161
|
PT. Indofood Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak di industri
makanan dan minuman perdana di Indonesia. PT. Indofood pertama kali didirikan
pada tahun 1968 sebagai Lambang Insan Makmur. Pada 14 Juli 1994, perusahaan
milik keluarga Sudono Salim di bawah Salim Group mengganti nama perusahaannya
menjadi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Dalam menjalani perusahaannya, PT.
Indofood memiliki berbagai macam produk seperti produk mie instan, susu, saus
dan bumbu dapur, tepung dan pasta, makanan ringan, makanan bayi, minyak dan
margarin, dan minuman. Setiap produk PT. Indofood memiliki brandnya
masing-masing seperti Indomie, Chitato, Indomilk, Bimoli, dan sebagainya. Terdapat berbagai strategi pemasaran yang dilakukan
oleh PT. Indofood dalam memasarkan produknya. Sebelum mengimplementasikan
strategi pemasarannya, PT. Indofood melakukan survei terhadap produk mereka
di pasar. Beberapa survei yang dilakukan seperti menentukan keperluan
mendasar konsumen yang harus dilayani dan dipenuhi, menentukan kelompok
masyarakat yang akan dilayani melalui segmenting, targeting, dan positioning (STP), dan menetapkan
marketing mix 4P (product, place, price, promotion).
Survei tersebut dilakukan dengan tujuan agar PT. Indofood dapat menyerang
target pasar yang sesuai dengan produk mereka. Setelah itu, PT. Indofood
mengimplementasikan strategi pemasarannya melalui berbagai kegiatan promosi
seperti memasang iklan melalui media cetak dan elektronik, papan reklame di
jalan besar, mengadakan kompetisi membuat jingle, dan sebagainya. Hal ini
bertujuan agar produk PT. Indofood dapat dikenal oleh seluruh masyarakat luas
dengan hanya mendengarkan namanya saja. Berdasarkan
kasus di atas: 1.
Menurut Anda, bagaimana strategi segmenting, targeting, dan positioning yang dilakukan PT.
Indofood? 2.
Menurut Anda, apakah yang dilakukan oleh PT.
Indofood dalam pengembangan strategi bauran pemasaran untuk mencapai
penjualan yang optimal? |
Komentar
Posting Komentar